Tampilkan di aplikasi

Pulau Sabu, 8 reasons to visit Savu Island

Majalah Travelxpose - Edisi 03/2019
5 Maret 2019

Majalah Travelxpose - Edisi 03/2019

Pulau Sabu

Travelxpose
Sejak tahun 2010, Pulau Sabu bersama dengan tetangganya, Pulau Raijua, mendapat otonomi khusus sebagai sebuah kabupaten baru dengan nama Kabupaten Sabu Raijua. Dulunya, Sabu Raijua hanyalah sebuah kecamatan yang masuk ke dalam administrasi Kabupaten Kupang, yang ibu kotanya berada di Kupang, Pulau Timor. Setelah menjadi kabupaten, Sabu Raijua memilih Desa Menia sebagai ibu kota atau pusat pemerintahannya.

Namun, pusat kegiatan ekonomi dan bisnis berada di Kota Seba. Letak Seba memang lebih strategis dibanding Menia. Seba berada di pinggir pantai dan menjadi gerbang masuk ke Pulau Sabu karena di kota kecil ini terdapat sebuah pelabuhan dan sebuah bandara perintis yang hanya bisa didarati pesawat kecil semacam Cessna Grand Caravan.

Terlepas dari letaknya yang terpencil di tengah lautan dan susahnya transportasi menuju ke sana, Pulau Sabu menyimpan segudang keindahan alam dan keunikan budaya yang tidak bisa Anda temui di daerah lain. Berikut delapan alasan mengapa Anda harus mengunjungi Sabu.

1. Kampung Namata. Sabu memiliki beberapa kampung adat yang menarik. Kampung adat terdekat dari Kota Seba adalah Kampung Namata, yang berada di Desa Raeloro, Kecamatan Sabu Barat. Kampung yang berada di atas bukit ini cukup terkenal di kalangan wisatawan dan sudah menjadi salah satu destinasi wajib kunjung di Sabu. Daya tarik Kampung Namata di antaranya adalah rumah adat Khas Sabu yang disebut Emu Rukoko Rumah adat ini bentuknya sangat unik mirip perahu terbalik.

Dinding rumah terbuat dari bambu dan atap terbuat dari daun lontar yang atap menjuntai sampai hampir menyentuh tanah sehingga menutupi seluruh dinding rumah. Bentuk rumah yang seperti perahu terbalik bukan tanpa alasan. Filosofinya adalah Warga Sabu merupakan nelayan yang biasa menggunakan perahu saat menangkap ikan di laut.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI