Tampilkan di aplikasi

Buku Scopindo Media Pustaka hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Inovasi

Konsep, Manajemen, dan Strategi

1 Pembaca
Rp 115.000 4%
Rp 110.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 330.000 13%
Rp 95.333 /orang
Rp 286.000

5 Pembaca
Rp 550.000 20%
Rp 88.000 /orang
Rp 440.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi

Perpustakaan digital
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. Perpustakaan

Kami sering mendapat pertanyaan mengenai inovasi dan kami melihat ada kebingungan dalam terminologinya. Apa perbedaan antara kreativitas dan inovasi? Kreativitas merupakan proses atau langkah baru melepaskan potensi pikiran untuk mendapatkan dan mengidentifikasikan ide-ide baru. Sedangkan Inovasi merupakan tindakan memperkenalkan perubahan ke dalam sistem yang relatif stabil guna untuk mewujudkan segala sesuatunya menjadi kenyataan praktis, terlepas dari tantangan dan penolakan, bukan hanya perenungan. Pada Inovasi terjadi proses mengubah konsep baru menjadi sukses komersial atau digunakan secara luas

Ikhtisar Lengkap   

Penulis: Arya Permadi / Agus Samsudin / Jimmy Lizardo

Penerbit: Scopindo Media Pustaka
ISBN: 9786236177365
Terbit: Mei 2021 , 173 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Kami sering mendapat pertanyaan mengenai inovasi dan kami melihat ada kebingungan dalam terminologinya. Apa perbedaan antara kreativitas dan inovasi? Kreativitas merupakan proses atau langkah baru melepaskan potensi pikiran untuk mendapatkan dan mengidentifikasikan ide-ide baru. Sedangkan Inovasi merupakan tindakan memperkenalkan perubahan ke dalam sistem yang relatif stabil guna untuk mewujudkan segala sesuatunya menjadi kenyataan praktis, terlepas dari tantangan dan penolakan, bukan hanya perenungan. Pada Inovasi terjadi proses mengubah konsep baru menjadi sukses komersial atau digunakan secara luas

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Puji Syukur ke hadirat Tuhan YME atas selesainya buku “Inovasi - Konsep, Manajemen dan Strategi”, yang merupakan sebuah tulisan yang ringan untuk dibaca bagi mahasiswa dan akademisi dalam memahami dan mempelajari tentang inovasi, juga bagi praktisi dan profesional yang memiliki minat dengan inovasi dalam berbagai pekerjaan yang dilakukannya, karena buku ini menyingkapkan inovasi secara menyeluruh mulai dari konsep inovasi, manajemen inovasi sampai dengan strategi inovasi.

Setiap orang pada hakekatnya bisa melakukan inovasi, karena setiap orang dapat melakukan cara baru dalam melakukan sesuatu hal, ini berarti bahwa inovasi dapat mengubah proses atau menciptakan cara yang lebih efektif bagi produk atau ide-ide.

Sesungguhnya, menjadi inovatif tidak berarti harus menemukan sesuatu yang baru, bisa saja dengan mengganti model bisnis, melakukan adaptasi terhadap lingkungan atau mungkin mengganti proses bisnis yang ada. Apalagi di masa disrupsi dan pandemi ini dimana dampaknya secara signifikan dirasakan oleh semua sektor karena ada perubahan perilaku konsumen. Dengan demikian inovasi menemukan momentum kembali agar setiap organisasi perlu melakukan inovasi dan suka atau tidak suka setiap pelaku bisnis “dipaksa” untuk melakukan inovasi.

Inovasi adalah keniscayaan karena telah memberikan impact yang besar bagi pertumbuhan ekonomi negara, perusahan besar dan perusahaan kecil), inovasi dapat juga sebagai alat yang penting agar organisasi bisa “survive and thrive”, dengan demikian maka sebagai konsekwensinya maka inovasi harus di kelola dan harus dimengerti dengan baik sehingga menjadi salah satu prioritas utama di perusahaan untuk menangkap kesempatan dan antisipasi atas ketidakpastian. Inovasi menjadi penting karena secara umum berlaku di semua organisasi, baik berskala besar maupun kecil dan mereka menekankan pentingnya melakukan inovasi dan membangun budaya inovatif. Dan inovasi adalah sumber daya kompetitif yang ikut menentukan kesuksesan secara ekonomis dari organisasi, yang mana jika organisasi ingin sukses dan tumbuh dalam kondisi lingkungan yang bergejolak maka dia harus mengusahakan untuk memperkenalkan pendekatan inovatif dan kreatif.

Dalam proses inovasi, pengetahuan adalah elemen penting dan saat ini lingkungan inovasi yang kompetitif membantu untuk bersaing dengan perusahaan lain. Apalagi dalam dunia digital sekarang ini, penggunaan teknologi informasi sudah menjadi keharusan. Menarik yang perlu kita pahami adalah jika inovasi dilakukan oleh satu orang maka akan menjadi satu tindakan individual, tetapi jika dilakukan secara bersama-sama dalam sebuah organisasi maka akan menjadi budaya. Budaya inovasi adalah sebuah lingkungan yang secara terus menerus memperkenalkan ide-ide baru atau cara berpikir baru yang kemudian diterjemahkan dalam tindakan untuk menyelesaikan satu masalah atau menangkap sebuah kesempatan.

Akhir kata, buku ini tidak berpretensi untuk memberikan sesuatu yang besar tetapi mencoba mengisi kekosongan konsep inovasi yang relatif sederhana dan membumi sehingga lebih mudah dipahami dan dipraktekkan. Buku ini terdiri dari 3 bagian, dimana bagian pertama mendiskusikan konsep Inovasi, yang terdiri dari definisi, proses dan kategori inovasi. Sedangkan bagian kedua berisi tentang manajemen inovasi yang berisi pemahaman, karakteristik dan peran manajemen dalam mengelola inovasi di perusahaan. Dan bagian terakhir, berisi tentang strategi inovasi dengan fokus pada kegiatan digital. Proses digitalisasi tidak bisa terelakan dan tidak bisa dilawan. Kami berharap buku ini bisa mengisi titik kecil dari inovasi di Indonesia dan terus menumbuhkan budaya inovasi dimanapun kita berkarya.

Daftar Isi

SAMPUL DEPAN
HAK CIPTA
Kata Pengantar
TESTIMONI
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
CHAPTER 1 KONSEP INOVASI
BAB 1 BERBAGAI KONSEP INOVASI
BAB 2 PROSES EVOLUSI PROSES INOVASI
BAB 3 JENIS DAN KATEGORI INOVASI
CHAPTER 2 MANAJEMEN INOVASI
BAB 4 BERBAGAI PEMAHAMAN TENTANG MANAJEMEN INOVASI
BAB 5 DIMENSI DAN KARAKTERISTIK MANAJEMEN INOVASI
BAB 6 PERAN PENTING MANAJEMEN INOVASi
CHAPTER 3 STRATEGI INOVASI
BAB 7 PENGERTIAN STRATEGI INOVASI
BAB 8 PERKEMBANGAN STRATEGI INOVASI
BAB 9 STRATEGI INOVASI DIGITAL
BAB 10 APLIKASI STRATEGI INOVASI BERBASIS INDUSTRI DIGITAL
DAFTAR PUSTAKA
SAMPUL BELAKANG