Tampilkan di aplikasi

Meraup untung dari bisnis dropship, modal kecil, untung (bisa) besar

Tabloid NOVA - Edisi 1675
30 Maret 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1675

Kalau masih ada yang mengeluh bahwa memulai bisnis itu sulit karena butuh modal banyak, mungkin dia perlu coba menjadi dropshipper, sebutan untuk pebisnis dengan cara dropship.

NOVA
Sore itu tangan Santi (29) kelihatan sibuk dengan ponselnya. Perempuan berambut panjang itu tak hentihentinya chatting dengan pembeli. Dia sibuk melayani pembeli toko online-nya yang bertanya tentang produk yang mereka pesan. Sejak beberapa hari ini pembelinya melonjak. Terutama sejak pemerintah menganjurkan masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah untuk menghindari meluasnya wabah virus corona Covid-19.

Saat semua pekerja dianjurkan untuk bekerja dari rumah, Santi sudah melakukannya sejak setahun lalu. Mantan karyawan sebuah bank ini memilih melakukan bisnis online dengan konsep dropship. Untuk yang belum tahu, mungkin bertanya-tanya, apa, sih, dropship itu? Dropship itu konsep bisnis di mana penjual tak harus menyetok produk. Cukup menjualkan produk milik orang, menerima pesanan, lalu meneruskan kepada si pemilik produk. Pengirimannya pun dilakukan oleh si pemilik produk. Keuntungannya didapat dari selisih harga atau komisi. Tak perlu modal besar dan tak perlu keluar rumah.

“Saat situasi sekarang, sebenarnya bisnis online seperti dropship tepat. Karena semuanya bisa kita lakukan di dalam rumah. Apalagi banyak penyedia jasa kurir memberlakukan free shipping, sehingga penetrasi pasarnya semakin besar. Saat ini orang akan lebih memilih belanja online, ketimbang harus offline,” kata Deka Adrai, Co-founder Belajar Online Yuk (Bolu), sebuah komunitas dan tempat belajar online untuk pengembangan bisnis rumahan.

Berarti bisnis dropship masih menguntungkan? Awalnya Amazon Jika melihat kondisi sekarang, bisnis dropship diyakini Deka masih menjanjikan. Terbukti geliat bisnis ini makin menyebar, termasuk di kalangan ibu-ibu seperti kita. Tren media sosial dan pesan instan WhatsApp juga ikut melambungkan bisnis dropship, karena digunakan sebagai salah satu platform untuk berjualan. “Asal punya kreativitas, bisnis dropship akan tetap hidup,” kata Deka.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI