Tampilkan di aplikasi

“Ma, memang aku bisa hamil saat berenang?”

Tabloid NOVA - Edisi 1671
2 Maret 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1671

Kaji ulang pendidikan seks Anda untuk si kecil, jangan sampai salah kaprah karena berita yang simpang-siur.

NOVA
Hampir seminggu ini masyarakat dihebohkan dengan pernyataan dari salah satu komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty, yang mengatakan bahwa perempuan dapat hamil di kolam renang jika berenang dengan lawan jenis. Menurut Sitti, kehamilan ini dapat terjadi melalui sentuhan fisik secara tak langsung saat di kolam renang.

Tentu saja hal ini tidak benar. Memang, sperma bisa hidup di luar tubuh laki-laki. Akan tetapi, kondisi lingkungan di mana sperma berada sangat memengaruhi daya tahan hidup si sperma. Dilansir dari Webmd, sperma akan cepat mati di permukaan yang kering, seperti pakaian atau sprei, begitu cairan semen kering. Sedangkan di dalam air, terlebih air hangat, sperma mungkin hidup lebih lama karena berkembang di tempat yang hangat dan basah. Akan tetapi, hampir mustahil jika sperma bisa menemukan jalan ke tubuh perempuan dan melakukan pembuahan.

Dari kasus ini jelas telihat cerminan pendidikan seks yang kurang mumpuni. Sangat disayangkan pernyataan ini keluar dari seorang perempuan sekaligus ibu yang harusnya punya peran memberikan pendidikan seks yang benar dan tepat bagi anak-anaknya. Ya, sudah seharusnya dan selayaknya sebagai orangtua, kita wajib memberikan informasi yang tepat untuk anak khususnya dalam ranah seksual. Orang lain atau sumber informasi lain termasuk internet belum tentu bisa memberikan informasi yang benar.

Sedangkan informasi yang salah malah bisa menyesatkan anak dan berbahaya bagi perkembangan mereka. Dan bukannya tak mungkin memengaruhi anak sehingga berperilaku seks menyimpang. Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, anak akan mudah terpengaruh untuk melakukan perilaku menyimpang, jika tidak diberikan pendidikan seksual dengan benar.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI